Tiga Atlet Lolos PON Aceh Sumut akan Ikuti Kejurnas Road Bike and MTB di Batam

Konikepri.id – Ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Road Race and Mountain  Bike (MTB) 2024 bakalan digelar di Kota Batam Provinsi Kepri . Kejurnas ini akan berlangsung dari tanggal 19 Juni sampai 1 Juli 2024 mendatang.

Kejurnas Road Race and MTB merupakan ajang bergengsi bagi para pembalap sepeda di Indonesia untuk menunjukkan kemampuan mereka dan memperebutkan gelar juara nasional.

Balap sepeda (road bike)

Kejuaraan ini juga menjadi ajang pembinaan atlet muda untuk berprestasi di kancah internasional.

Ratusan pembalap dari berbagai daerah di Indonesia dipastikan bakal turun di ajang ini. Termasuk tiga atlet sepeda balap yang tergabung di Tim Kepri.

Atlet Tim Kepri ini  merupakan atlet lolos PON XXI Aceh Sumut 2024 yang akan turun di dua kelas yaitu  Mountain Bike dan  Road Bike.

Balap Sepeda MTB

Ketua KONI Kepri Usep RS menjelaskan ketiganya  mengikuti kejuaraan nasional ini juga dalam rangka menjalani try out sebelum mereka turun ke PON Aceh Sumut September 2024 mendatang.

“KONI Kepri akan memberangkatkan 106 atlet yang tergabung ke dalam 31 cabang olahraga (cabor) ke PON Aceh Sumut September mendatang, jadi ini sekaligus merupakan ajang uji coba dan dalam rangka menjalani try out yang harus dijalani seluruh atlet lolos PON XXI 2024,” ujar Usep RS.

Ketua KONI Kepri Usep RS

Pelatih atlet sepeda Andi Setyawan membenarkan tiga atlet cabor sepeda akan mengikuti Kejurnas balap sepeda di Batam . “Ada tiga orang , mereka akan ikuti balap sepeda di kelas  Mountain Bike dan  Road Bike,” kata Andi Setyawan .

Untuk Kejurnas MTB, peserta akan melewati rute dengan venue Mangsang  Bike Park, Tanjung Piayu Kecamatan Sungai Beduk. Nomor yang diperlombakan adalah Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Relay (XCR), Down Hill (DH dan Enduro (End).

Sedangkan untuk Road Bike, nomor yang dilombakan adalah Individual Time Trial (ITT), Team Time Trial (TTT), dan Road Race (IRR). Venuenya adalah Nongsa Loops dan Jalan Trans  Barelang.

Balap sepeda MTB

“Di beberapa lokasi ada jalan yang harus dilebarkan menggunakan alat berat. Perangkat daerah terkait sudah diminta untuk melakukan pelebaran di rute tersebut,” ujar Sekretaris Daerah  Kota Batam Batam, Jefridin yang juga Ketua Harian Ikatan Sport  Sepeda Indonesia (ISSI) Kepri.

Jefridin mengapresiasi dan berterimakasih kepada PB ISSI yang sudah menunjuk  Batam sebagai tuan rumah Kejurnas Road Race and MTB 2024. Selaku tuan rumah, pihaknya akan memberikan dukungan agar Kejurnas berlangsung sukses.

“Perangkat daerah akan melakukan cek ke lapangan untuk memastikan lokasi lintasan, terutama untuk venue Road Bike di kawasan Nongsa,” katanya.

Mempertandingkan Dua Kategori Balap Sepeda Kejurnas Road Race and MTB merupakan kompetisi balap  sepeda nasional yang diadakan setiap tahun di Indonesia. Kejuaraan ini mempertandingkan dua disiplin balap sepeda, yakni road race dan mountain bike (MTB), dengan berbagai kategori umur dan jenis kelamin.

Road race merupakan balap sepeda yang berlangsung di jalan raya dengan jarak tempuh yang bervariasi, mulai dari 100 km untuk kategori putra dan 80 km untuk kategori putri. Para pembalap akan start dan finish di tempat yang sama, dan mereka akan berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan seluruh putaran lintasan.

Sedangkan Mountain bike (MTB) merupakan balap sepeda yang dilakukan di medan off-road, seperti hutan, gunung, dan tanjakan.

Para pembalap akan berlomba untuk menjadi yang tercepat dalam menyelesaikan lintasan yang penuh dengan rintangan dan tanjakan.  (tjo)

 

Berita Lainnya
Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini