Aklamasi, Abdul Razak Pimpin Kembali Perpani Kepri

KONIKEPRI.ID – Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Provinsi Kepri sukses melaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov) yang berlangsung  Kamis (28/3/2024)  di PIH.

Hadir di pembukaan Ketua Umum KONI Usep RS,  Bendahara Umum KONI Rini serta  beberapa pengurus lainnya. Lalu hadir dari PB Perpani Pusat  Suheriyanto yang merupakan ketua bidang organisasi PB Perpani. Suheriyanto   menjadi peserta utusan dari PB Perpani.

Tak ketinggalan hadir pengurus Perpani dari 6 Kabupaten Kota, terdiri dari Perpani Batam, Perpani Bintan, Perpani Tanjungpinang, Perpani Karimun, Perpani Lingga dan dan Perpani Natuna.

Pegurus Perpani tingkat kabuoaten kota hadir lengkap kecualoi dari Anambas karena Anambas sendiri belum terbentuk.

Dalam  Musprov , para peserta  sepakat menyampaikan surat dukungan yang diberikan kepada  Abdur Razak. “Secara aklamasi menyatakan tetap mendukung Abdul Razak menjadi ketua umum periode berikutnya ,” ujar Junaedi Ketua Panitia  .

Dari hasil aklamasi, dibentuklah  tim formatur yaitu  Muhammad Sukri dari Tanjung Pinang dan  Junaedi yang selaku ketua panitia, dan Abdul Razak.

“Tim formatur diberi waktu oleh musyawarah 30 hari. Tim formatur  dipimpin oleh Abdul Razak , Sukri dan  Junaedi. Selama 30 hari kedepan tim mereka harus  menyusun komposisi Pengurus Perpani Provinsi Kepri Periode 2024 – 2028,” imbuh Junaedi.

PB Perpani Pusat  Suheriyanto yang merupakan ketua bidang organisasi PB Perpani mengatakan  Provinsi Kepri ini menjadi salah satu provinsi terbaik dari segi event organizer dan organisasi.

Hal ini terbukti Perpani Kepri setiap tahunnya melaksanakan rapat kerja provinsi dan kegiatan yang terbanyak dilaksanakan oleh Pengprovnya  sendiri.

“Terbukti juga KONI Kepri sudah meloloskan 5 atletnya ke PON Aceh Sumut. Ini bukti bahwa Perpani  Kepri berhasil melakukan  pembinaannya.  Salah satu bukti pembinaan yang dilakukan oleh berbagai itu adalah dengan meloloskan atlet-atlet Junior sekarang berjumlah  5  atlet Provinsi Kepri yang akan mewakili Kepri di pada PON Aceh Sumut September nanti,” kata Suheryanto.

Padahal, kata dia ,  pada PON sebelumnya Kepri belum pernah berhasil meloloskan atletnya. “Jadi  itu dari segi organisasi dan prestasi  menjadi salah satu yang terbaik se-indonesia,” ulas Suheryanto.

Perdana, Perpani Kepri Kirim 5 Atlet ke PON Aceh Sumut

Ketua Perpani Kepri Abdul Razak menjelaskan terkait program  kerja jangka pendek,  adalah menyiapkan atlet untuk Kejurnas Junior tahun ini di bulan Juni. Di even itu,  Provinsi Kepri menjadi tuan rumah.  “Berikutnya, persiapan atlet ke PON   sendiri pada September 2024,” ujar Abdul Razak .

Berikunya, Abdul Razak menjelaskan pihaknya saat ini sedang menyiapkan atlet  untuk  PON yang akan datang dengan memperbanyak event.

Dengan memperbanyak event ini, juga meningkatkan SDM pelatih dan menambah wasit-wasit untuk yang bertugas di level nasional nantinya. Begitu juga dengan event yang harus dibuat berskala internasional.

“Jangka panjang kita setiap tahun akan membuat event secara berkala. Kemarin  dalam forum Pemkot Batam meminta event berjenjang tapi kami minta juga dulu Tolong kabupaten kota membuat event . Jangan semua berjenjang kepada Provinsi. Mana jenjang yang di bawah dulu baru kita provinsi berbuat,” kata Abdul Razak.

Abdul Razak menerangkan  selama ini baru full pada dua Kabupaten yaitu   Kota Tanjungpinang dan Batam.

Abdul Razak berharap selain kedua kota, kabupaten lainnya juga harus segera  melaksanakan  event  secara full. “Karena  minimal  harus ada empat kabupaten kota yang aktif biar memulai even berjenjang,” kata dia .

Perombakan Pengurus, Abdul Razak: Rombak Total

Terkait Komposisi pengurus, kata Abdul Razak bahwa bersama  tim formatur, dia  sudah berdiskusi dan akan mengadakan rombak total.

“Jadi kita sudah melihat mana pengurus yang selama ini aktif. Kita akan membuat komposisi tidak akan menggemuk, 25 orang.” kata dia.

Tetapi Insya Allah, kata Abdul Razak, pengurus  itu akan bekerja 100%. Ini lantatan dia suda banyak melihat mana  insan-insan olahraga  yang bisa diajak bekerja sama untuk penyelenggaraan suatu event.

“Bagaimana meningkatkan kualitas atlet SDM pelatih dan Wasit jadi kita butuh orang-orang yang punya niat untuk memajukan panahan di Provinsi Kepri insya Allah akan merombak total dari kepengurusan yang lama,” imbuh Razak.

Soal perkembangan panahan di Batam khususnya, Abdul Razak mengatakan sudah melakukan sosialisasi ke sekolah soal Perpani Kepri.

“Ini sudah dilakukan semenjak awal saya terpilih pada periode sebelumnya. Kami  mensosialisasikan dengan  membagikan  peralatan-peralatan panahan, bantalan kepada sekolah-sekolah untuk perkenalan, katanya.

Di 4 tahun yang lalu dibandingkan sekarang jumlah atlet panahan di Provinsi Kepri khususnya Kota Batam sangat meningkat dengan jauh lebih banyak daripada saat itu.

Di tengah perjalanan kemarin, pihaknya sudah melakukan peningkatan sosialisasi peningkatan SDM  deangn melaksanakan pelatihan pelatih pelatih pemula bahkan untuk sekolah-sekolah yang mengirimkan gurunya untuk menjadi  peserta pelatihan.

“Kita memberikan diskon khusus, itu cara kita untuk mensosialisasikan olahraga panahan ini di sekolah terbukti setiap tahunnya kita menambah pelajar itu yang pemula untuk mengikuti kegiatan itu lebih dari 150 orang pemanah pemula. Jadi peningkatannya  setiap tahunnya. Jadi kalau sekarang jumlah atlet panahan ke Provinsi Kepri  sudah berada di atas 1500 orang,” pungkas Abdul Razak. (tjo)

 

 

Berita Lainnya
Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini