Lolos PON XXI Aceh Sumut, Yoshie Honda Bersiap Ikuti Kejuaraan Renang di Lampung

Konikepri.id – Ajang pelatda bagi para atlet Kepri yang lolos PON XXI Aceh Sumut benar benar dimanfaatkan oleh mereka untuk mengasah kemampuan bertanding demi memenangkan medali.

Beberapa diantara mereka juga memanfaatkan try out dengan mengikuti kejurnas maupun even lainnya. Terbaru,  atlet cabor renang lintasan Yoshie Honda saat ini tengah menuju ke Provinsi Lampung untuk mengikuti Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se-Indonesia (KRAPSI).

Peraih empat medali emas bagi kontingen Kepri pada Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se – Sumatra tahun 2023 di Pekanbaru dari cabang olahraga renang lintasan , Yoshie Honda akan mengikuti Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se-Indonesia (KRAPSI) di Lampung dari 21-23 Juni 2024.

Ketua Monev II  Drs Buralimar MSi menyampaikan terima kasih kepada orangtua Yoshie Honda yang memberikan dukungan penuh bagi anaknya, dari latihan hingga mengikuti KRAPSI di Lampung.

Usai mengikuti Porwil, anak kedua dari tiga bersaudara tersebut tetap menjalani latihan secara rutin sejak Januari 2024 yang lalu, dengan berlatih seminggu 7 kali.

“Untuk lebih meningkatkan kemampuan dan daya tahan agar mampu bersaing pada PON yang akan datang, per Juni yang lalu , Yoshie berlatih di klub WDS Aquatic Swimming Club, Tangerang dengan pelatih Aloysius Michael dan berkat dukungan  orang tua dari Yoshie Honda,” ujar Burralimar.

Secara rutin dari pagi pukul 04.30 wib -06. 30 wib setiap hari kecuali hari Minggu, berlatih di kolam Cobra Kalatirta , Serpong Tangerang.  Latihan bertujuan meningkatkan daya tahan dan stamina untuk nomor 50 meter, 100 meter dan 800 meter. Khusus hari Minggu , lebih diutamakan memperbaiki gerakan tangan maupun ayunan kaki.

Bahkan latihan dengan menggunakan alat yang diletakkan pada telapak tangan dimaksudkan memperbaiki kayuhan saat berenang. Demikian juga dengan kaki, menggunakan sepatu peselam (fin) Untuk menjadikan gerakan kaki dalam menambah tenaga lebih kencang dalam berenang.

Pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se Indonesia tersebut, pelatih Aloysius mengatakan bahwa tujuan berpartisipasi lebih pada menguji hasil latihan Yoshie dan sekaligus memberikan mental bertanding dengan perenang lainnya.

Disamping itu, Aloy menambahkan bahwa minimnya even renang menjelang PON juga mendorong Yoshie untuk ikut KRAPSI kali ini.

“Yoshie Honda akan turun pada 9 nomor yaitu 50,100,200 gaya bebas
50,100 ,200 gaya kupu 50 gaya dada, 200 gaya ganti, 50 gaya punggung. Tujuan utama dalam KRAPSI lebih pada melihat hasil latihan dan diuji pada Kejuaraan antar Perkumpulan,” ujarnya. (tjo)

Berita Lainnya
Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini