KONI Pusat Jalin Kerjasama dengan Garuda Indonesia, Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024

0
44
KONIKEPRI.ID – Guna sukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 khususnya pada aspek transportasi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat menjalin kerja sama dengan PT.Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia Irfan Setiaputra pada Senin 27 Mei 2024 di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Cengkareng.
Sebelumnya, pada 7 Mei 2021, kedua lembaga yang menyandang nama Indonesia telah melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman. Penandatanganan kerja sama kali ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman sebelumnya.
Kerjasama antara Garuda Indonesia bersama KONI Pusat dalam mensukseskan gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024. Foto: KONI Pusat
“Kerja sama dalam bidang transportasi khususnya penerbangan ini memerlukan satu koordinasi yang detail antara KONI Pusat dengan Garuda Indonesia, sehingga kehadiran Garuda Indonesia bisa memberikan bantuan percepatan kemudahan transportasi udara bagi kontingen yang disiapkan oleh Garuda Indonesia.” Kata Ketum KONI Pusat.
“Saya berharap dengan adanya kerja sama ini, di samping Garuda Indonesia, Citilink juga bisa membantu penyelenggaraan PON XXI dari daerah-daerah yang memang tidak dilewati Garuda Indonesia.” Sambungnya.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 merupakan PON pertama yang digelar di dua Provinsi, dan diikuti oleh 38 Provinsi termasuk Daerah Otonom Baru (DOB) dan Ibu Kota Negara (IKN) pada defile. Sebanyak 33 cabang olahraga bertanding di Aceh dan 34 cabang olahraga bertanding di Sumut, dan menjadi PON perpisahan dari masyarakat olahraga prestasi untuk masa bakti Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.
Di luar PON XXI Aceh-Sumut, kerja sama tersebut memberikan manfaat setiap tahunnya. Pasalnya, kegiatan olahraga tingkat nasional yang diselenggarakan KONI Pusat, tidak sebatas PON. “Tidak hanya PON XXI Aceh-Sumut 2024, KONI Pusat juga memiliki event olahraga lainnya seperti Indonesian Martial Art Games (IMAG)/ PON Bela Diri, Indonesian Youth Games/ PON Remaja, Indonesian Beach Games/ PON Pantai, PON Indoor,” terang Ketum KONI Pusat.
Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menyerahkan miniatur pesawat Garuda Indonesia kepada Ketum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Cengkareng. Foto: KONI Pusat
PON Bela Diri, PON Remaja, PON Pantai dan PON Indoor diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan kabupaten/kota sebagai tuan rumahnya. Oleh karena itu, event olahraga dapat terselenggara setiap tahunnya, sehingga memberikan dampak pada pembinaan atlet berikut penjaringan serta penyaringannya dan juga mendorong amanah Presiden RI Joko Widodo terkait Sport Tourism.
“Saya berharap Garuda Indonesia dapat turut menjadi maskapai terbaik yang mendukung kegiatan olahraga Indonesia.” Tegas Marciano.
Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut disaksikan oleh Sekretaris Jenderal KONI Pusat Drs.Tb. Lukman Djajadikusuma, Wakil Ketua Umum 3 KONI Pusat Mayor Jenderal TNI Purn. Andrie T.U Soetarno, Wakil Ketua Umum 4 KONI Pusat Vivin Cahyani, Direktur Operasi PT Garuda Indonesia Tumpal Manumpak Hutapea.
Dukungan Garuda Indonesia terhadap PON XXI Aceh-Sumut 2024, antara lain harga spesial, fleksibilitas tiket, esktra bagasi 5 kg, Check-In Counter special. Selain itu kampanye PON XXI juga segera dilakukan Garuda Indonesia, misalnya lambang di dalam pesawat, pengumuman di kabin, majalah pesawat, media sosial, dan layanan pelanggan di Aceh dan Sumut selama penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 berlangsung.
“Benefit yang kita berikan dalam kerja sama ini antara lain Diskon 15% untuk penerbangan domestik, Diskon 20% untuk penerbangan internasional, tambahan bagasi sebanyak 5kg, bagasi untuk sport equipment atlet dan ofisial.” Jelas Dirut Garuda Indonesia.
Dirut Garuda Indonesia menjelaskan bahwa Garuda Indonesia menjadi maskapai ofisial dalam mendukung kegiatan penting di Republik Indonesia.
“Ini kewajiban kita, bahwa semua rangkaian acara yang diselenggarakan negara berjalan lancar, PON XXI kali ini menjadi menarik untuk kita saksikan karena pertama di dua provinsi, ini menjadi komitmen kami untuk selalu mendukung KONI, tentunya ke depan kami berharap kerja sama dapat dipererat, dan mudah-mudahan bisa meringankan para atlet yang bersemangat mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024, serta menghasilkan prestasi yang membanggakan.” Tegas Dirut Garuda Indonesia.
“Kami memahami bahwa olahraga adalah salah satu sektor yang paling berkontribusi aktif mengharumkan nama bangsa di kancah dunia melalui berbagai keberhasilan penyelenggaraan event olahraga internasional di Indonesia maupun raihan berbagai prestasi membanggakan para atlet Indonesia di level internasional. Tentunya merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk dapat terlibat aktif dalam memajukan sektor olahraga bersama KONI,” jelas Irfan. (*)/Fjr
Sumber: KONI.OR.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini