Ketum KONI Pusat Buka Resmi Rakorwil KONI Provinsi Wilayah Sumatera 2024

0
63
Rakorwil Sumatera 2024 di Bangka Belitung dibuka oleh Ketum KONI Pusat/Foto: KONI Pusat

KONIKEPRI.ID – Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman resmi membuka ‘Rapat Koordinasi KONI Provinsi wilayah Sumatera Tahun 2024’ di Swiss-Belresort Belitung pada malam tanggal 5 Maret 2024.

Pada pertemuan tersebut, Ketum KONI Pusat mengapresiasi solidaritas KONI Provinsi di seluruh Sumatera dalam membina olahraga prestasi. Hal tersebut sejalan dengan moto yang dijunjung KONI Pusat, ‘Bersatu Berprestasi’.

Hingga saat ini, multievent olahraga wilayah yang masih ada hanya Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera. Kompetisi tersebut sangat dibutuhkan agar pada Pekan Olahraga Nasional (PON), kontingen yang berlaga semakin matang.

“Saya berharap ke depan KONI bisa mendorong penyelenggaraan Porwil di wilayah lain. Tidak mudah tapi Sumatera selalu melaksanakan Porwil ini dengan baik,” ujar Marciano mengapresiasi masyarakat olahraga prestasi di Sumatera.

Sambutan Ketum KONI Pusat dalam Rakorwil Sumatera di Swiss-Belresort Belitung/Foto: KONI Pusat

Tak ketinggalan, Ketum KONI Pusat berterima kasih dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada tuan rumah Riau yang sukses menyelenggarakan Porwil Sumatera XI/2023. Bahkan Riau berhasil mempertahankan sebagai juara umum.

Diingatkan juga agar seluruh KONI di Sumatera mempersiapkan kontingen PON XXI/2024 Aceh-Sumut dengan sebaik-baiknya, terutama terkait mutasi atlet.

Terkait pembinaan atlet, Ketum KONI Pusat mengajak untuk terus meningkatkan kualitas pembinaan yang akan diuji lebih sering karena beberapa multievent tingkat nasional yang dihadirkan KONI Pusat.

“Program KONI Pusat beberapa waktu lalu kita menyelenggarakan Indonesia Martial Art Games (IMAG) I/2023 di Bogor-Bekasi,” kata Marciano berterima kasih atas keterlibatan provinsi yang mengirimkan kontingen.

“Ke depan, ini akan menjadi agenda dua tahun sekali, kemudian kita juga akan menyelenggarakan Indonesia Beach Games, Indonesia Indoor Games dan PON Remaja,” jelasnya menambahkan multievent yang tuan rumahnya Kabupaten/Kota dengan tujuan mendorong Sport Tourism.

Setelah itu, Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI Mayjen TNI Purn Dr.Suwarno memaparkan progres dari persiapan PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Suwarno memberikan informasi yang komprehensif, mulai dari perkembangan kebijakan di tingkat Presiden RI hingga persiapan teknis.

Para Ketua Umum KONI se-Sumatera mengikuti Rakorwil tahun 2024/Foto: KONI Pusat

Sebelumnya, Tuan Rumah KONI Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin Ricky Kurniawan menyampaikan sambutan hangat atas kehadiran seluruh undangan. Ia jelaskan bahwa gagasan pertemuan ini berawal dari ide Ketum KONI Sumut John Ismadi Lubis dan Ketum KONI Kepri Usep RS pada Porwil XI Riau 2023.

Pj.Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr.Syafrizal diwakili yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olaharaga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Disparbukepora) Widya Kemala Sari juga memberikan sambutan hangat.

“Kobarkan semangat korp Sumatera, sukseskan PON XXI Tahun 2024 di Aceh-Sumatera Utara,” katanya. “Kalau besok jalan-jalan ke Belitung, alangkah indahnya Belitung ini,” katanya mengajak wisata ke Belitung.

Pembahasan dilanjutkan dengan diskusi terkait pembinaan olahraga prestasi. John Ismadi Lubis memberikan tanggapan, bahwa banyaknya kompetisi harus disertai dukungan anggaran. Pasalnya, untuk ikut PON saja, kerap kali beberapa provinsi kesulitan dalam membina dan mengirim kontingen.

Disarankan tahun pertama dan kedua setelah PON digelar multievent dua tahunan terobosan KONI Pusat dan tahun ketiga adalah babak kualifikasi PON. Harapannya setiap tahun ada kompetisi yang wajib didukung daerah. Dibahas juga bahwa biasanya satu tahun setelah PON, dukungan anggaran sulit didapatkan terlebih bila kontingen tidak meraih prestasi sesuai target.

Kepada KONI di Sumatera, Suwarno berpesan agar fokus membina cabang olahraga perorangan yang medalinya banyak, yaitu atletik dan akuatik. Porwil diharapkan menjadi ajang lahirnya atlet-atlet berprestasi Sumatera yang akan mewakili Indonesia meraih prestasi pada keikutsertaannya dalam single/multi event internasional.

Di ujung diskusi hari pertama, dibahas juga Porwil XII/2027 akan diselenggarakan di Kepulauan Riau. “Pada intinya kami sudah siap untuk Porwil XII/2027, bahkan kami  siapkan Piala Bergilir,” kata Ketum KONI Kepri Usep RS . Diharapkan Porwil tersebut dapat mempertandingkan 20 cabor.

Usep RS menambahkan bahwa Kepri melalui Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan bahwa  Kepri Siap sebagai tuan rumah penyelenggaraan PORWIL ke XII tahun 2027, dan akan mempersiapan venue.

“KONI se-Sumatra siap mensukseskan PON Aceh-Sumut 2024. KONI  se-Sumatra Siap melaksanakan PORWIL XII di Kepri tahun 2027.  KONI pusat akan memfasilitasi ke PB Cabor untuk dipertandingkan 20 cabang olahraga. Kami juga  akan menggelar sayembara logo PORWIL dengan moto spirit of Sumatra— di Andalas diikuti 10 provinsi se Sumatra,” ulas Usep RS.

Usep RS juga memaparkan perolehan medali saat Porwil Sumatera XI/2023 di Pekan Baru Riau:

  • 1. Riau : 41 Emas, 21 Perak dan 33 Perunggu
  • 2. Babel :  31 Emas, 21 Perak dan 28 Perunggu
  • 3. Sumbar : 22 Emas, 36 Perak dan 25 Perunggu
  • 4. Sumsel : 14 Emas, 28 Perak dan 16 Perunggu
  • 5. Jambi : 13 Emas, 8 Perak dan 17 Perunggu
  • 6. Lampung : 10 Emas, 10 Perak dan 15 Perunggu
  • 7. Kepri : 9 Emas, 11 Perak dan 17 Perunggu
  • 8. Bengkulu : 3 Emas, 8 Perak dan 4 Perunggu.

Menutup pertemuan, Ketum KONI Pusat ingin seluruh wilayah di Indonesia menggelar rapat koordinasi wilayah. (Fjr)

Sumber : Gerakita.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini