Beranda Berita Ketua Umum KONI Kepri Usep RS Berharap Pemerintah Dukung Penuh Cabor yang Lolos PON

Ketua Umum KONI Kepri Usep RS Berharap Pemerintah Dukung Penuh Cabor yang Lolos PON

0
Ketua Umum KONI Kepri Usep RS Berharap Pemerintah Dukung Penuh Cabor yang Lolos PON

KONIKEPRI.ID – Menjelang Pelaksanaan PON XXI, KONI Kepri telah mengirim para atlet untuk memperebutkan tiket ke PON Aceh Sumut di babak kualifikasi atau pra PON. Update yang disampaikan setidaknya ada 13 Cabang Olahraga (cabor) yang telah dikirim. Dari 13 Cabor itu, telah berhasil meloloskan 40 atlet dan 35 nomor pertandingan.

Atas keberhasilan di babak awal mendapatkan tiket ke PON XXI Aceh Sumut 2024 ini ini, menjadikan KONI Kepri optimis menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan datang di Aceh-Sumut pada September 2024.

Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS disela-sela kesibukannya menerima kunjungan cabor yang telah selesai mengikuti Pra PON menyampaikan bahwa sampai saat ini sudah ada 13 cabor yang dipastikan lolos menuju ke PON.

Atas keberhasilan ini Usep RS mengatakan, bahwa rasa optimis itu terus bertambah disusul dengan  masih ada 22 cabor lagi yang akan mengikuti Pra PON 2023. “Masih ada 22 cabor yang akan mengikuti pra PON, diantaranya cabang unggulan yang selama ini menyumbangkan medali bagi kontingen Kepri,” kata Usep RS.

Usep RS menambahkan, cabor unggulan tersebut yaitu Layar, Bilyard, Tarung Derajat, Sepak Takraw, dan juga cabang baru yang selama ini sukses di event nasional seperti Jiu-Jitsu menjadi harapan menambah cabor lolos serta atlet nantinya.

“Sampai saat ini, kalau ukuran medali dari 13 cabor yang lolos telah meraih 3 emas, 5 perak dan dua perunggu. Tentu akan disusul oleh beberapa cabor yang nantinya akan mengikuti Pra PON di bulan September, Oktober dan November,” ujar Usep RS.

Usep RS menambahkan bahwa untuk Porwil yang akan berlangsung di Pekanbaru pada 4-14 November yang akan datang, ada beberapa cabor yang diprediksikan meloloskan atlit dan nomor yang diikuti.

Cabor tersebut ungkap Usep RS seperti E-Sport, Wushu, Barongsai dan yang lainnya tentu menjadi harapan. “Apalagi jika cabor sepakbola lolos PON ini menjadi kebanggaan dan juga prestasi bahwa untuk pertama kalinya sepakbola Kepri lolos PON,” kata dia.

Harapan lain, dengan banyaknya cabor, nomor dan atlet yang lolos PON membela Kepri, diharapkan menjadi perhatian bagi pemerintah untuk menambah anggaran bidang olahraga yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan menambah jam terbang lewat uji coba serta kenyaman bagi atlet dan pelatih untuk mempersiapkan diri mengikuti ajang nasional lewat PON.

“Jika itu terwujud, kami yakin pada PON yang akan datang kontingen Kepri bisa memperbaiki peringkat sekaligus mengharumkan nama Kepri di tingkat nasional,” kata Usep RS.

Untuk persiapan multievent PORWIL XI di Riau, tahapannya sudah dimulai sesuai surat dari PB Porwil, sekarang sedang dalam proses Entry by Name sampai tanggal 15 September 2023.

“Sudah ada 10 cabor yang melaksanakan seleksi dan sebagai cabor sudah mendaftarkan atletnya, sedangkan pelaksanaan PORWIL, 4-14 November 2023, kami yakin sesuai target masuk 5 besar, dukungan dari gubernur dan DPRD Kepri sangat besar, untuk meraih prestasi dalam ajang multi event se-Sumatra,” jelas Usep RS.

Kadispora Kepri Drs. Moch Ikhsan, apresiasi dengan pencapaian yang diraih kontingen Kepri dalam ajang Pra PON.

Ikhsan mengatakan dari 18 cabor bisa meloloskan 13 cabor dapat tiket PON XXI 2024 Aceh-Sumut. “Ini menjadi atensi Gubernur Kepri Ansar Ahmad, karena (beliau) ketua umum cabor golf kepri meloloskan 3 atlet di PON 2024, Pak Ansar juga sebagai Ketua Umum Asprov PSSI Kepri, Sepakbola di ajang Porwil harus lolos PON, karena persiapan sudah melakukan seleksi dan terpilih pemain terbaik se-Kepri dan untuk TC akan di lakukan di Yogyakarta selama 2 bulan,” ujar Ikhsan.

Editor : Fajri Ramadhan

Reporter : Teguh Joko Lismanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini