Beranda Berita Mengenal Lebih Dekat Viona Florentina Tamba, Atlet Tinju Masa Depan Kepri

Mengenal Lebih Dekat Viona Florentina Tamba, Atlet Tinju Masa Depan Kepri

0
Mengenal Lebih Dekat Viona Florentina Tamba, Atlet Tinju Masa Depan Kepri
Viona di tangga juara 3/Dok: Istimewa

KONIKEPRI.ID – Ajang mengukir prestasi bagi pelajar di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2023 yang berlangsung tanggal 26 Agustus sampai dengan 04 September 2023 di Palembang, Sumatera Selatan, sudah berlalu.

Salah satu atlet tinju junior yang berhasil meraih prestasi yaitu Lionel Efraim Silalahi (54 Kg Putera) yang berhasil meraih emas. Dari tiga orang yang dikirim, Tim Kepri lainnya yaitu Viona Florentina Tamba yang bertarung di kelas 54 Kg Puteri dan
Vergino Samuel Antonius Barera (57 Kg Putera).

Viona dengan coach Pilo Anthony

Hal menggembirakan bagi Viona adalah bisa berprestasi di tingkat nasional meski harus puas dengan medali perunggu. Namun berjuang diantara atlet-atlet terbaik se-Indonesia menjadi kebanggan tersendiri bagi Viona.

Olahraga tinju yang biasanya dilakoni oleh laki laki yang dominan mengasah energi yang dimilikinya, ternyata tidak berlaku bagi Viona. “Saya tertarik tinju  sejak kecil,” kata Viona yang waktu itu dilatih oleh Pilo Anthony.

Dari penampilan dan fisik, Viona tidak terlalu menampakkan sifat tomboy malah nampak lebih kemayu.

Viona ‘kecil’ mau bergabung menjadi Petinju di Sasana Rionando Boxing Camp (RBC) Batam, sekira akhir tahun 2017 silam.

“Saya tertarik dengan tinju karena tulang (paman), abang dan kakak saya ada menggeluti dunia adu jotos ini, sering melihat mereka berlatih dan membaca berita serta prestasi mereka, jadi saya tertantang untuk ikut berlatih,” ungkap Viona.

Viona yang asli kelahiran Batam, 22 Desember 2007 ini, juga terbilang rajin beribadah dan sering dipercaya menjadi Misdinar di Paroki Kerahiman Ilahi Tiban Batam.

Pada awal januari 2023 bersama Lion, viona tergabung menjadi atlit PPLP Kepri di bawah asuhan Coach Pilo dan Jonelyn. Mereka lalu ditempa di Markas PPLP Sasana WBC Batam, Tiban Lama.

Puteri sulung dari Sony Tamba dan Tetty Elprida Br. Butar Butar ini, memulai karirnya dengan menjadi juara di Event Batam Boxing Day, April 2022, selanjutnya mengikuti Kejurnas Medan, Agustus 2022 dan meraih Medali Perunggu.

Masih di Tahun yang sama viona berhasil meraih emas pada Pra POPNAS Jakarta, dan inilah modal bagi Viona tampil di POPNAS XVI Palembang Tahun 2023.

Gadis yang bercita-cita menjadi TNI (KOWAL) berhasil mengalahkan Petinju Josza Karisma Larasati (JATENG). Sayangnya di semifinal harus mengakui keunggulan Faleri Kabuare (PAPUA).

“Ini merupakan pengalaman berharga bagi saya bahkan meraih medali perunggu,” kata  Siswi SMAN 4 Batam ini.

Sekilas mengenal Viona, bagi para pelajar dan guru diSMAN 4 Batam, sosok Viona saat ini benar benar menjadi lampu sorot yang tengah bersinar merekah.

“Bagi kami tenaga pengajar di SMAN 4 Batam, Viona  merupakan kebanggaan sekali bagi pihak sekolah memiliki siswi seperti viona yang telah mengharumkan nama sekolah dan Kepulauan Riau di POPNAS Palembang tahun 2023 ini,” kata Badri Wali Kelas Viona di Kelas XC,

Badri mewakili pihak sekolah berbangga dan  sangat mengapresiasi dan memuji  capaian potensi Viona yang gigih berlatih untuk mengasah potensi yang unik untuk menjadi kebanggaan dan branding viona untuk terus menunjukan bakatnya di kancah nasional.

“Tidak hanya mewakili SMAN 4, apalagi ini mewakili  Kota Batam , bahkan mewakili Kepri di Tingkat Nasional hingga meraih prestasi, semoga karirnya  semakin bersinar,” kata Badri.

Menutup pesannya badri berkata “Teruslah berprestasi, masih panjang jalan prestasi viona untuk di raih sampai nanti tingkat dewasa untuk membuktikan pada diri sendiri, keluarga dan lingkungan menjadi figur yang berhasil mengasah kelebihannya untuk menjadi personal branding yang kuat di bidang seni olah raga tinju tingkat nasional dan international,” kata Badri mengakhiri. 

Editor : Fajri Ramadhan

Reporter : Teguh Joko Lismanto 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini