Beranda PON XXI 2024 Aceh-Sumut Sehari Setelah Aceh, Giliran Sumut Gelar Launching PON XXI/2024

Sehari Setelah Aceh, Giliran Sumut Gelar Launching PON XXI/2024

0
Sehari Setelah Aceh, Giliran Sumut Gelar Launching PON XXI/2024
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Prof.Dr.Zainudin Amali, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, Gubernur Sumut Letjen TNI Purn Edy Rahmayadi/F-Istimewa

KONIKEPRI.ID – Sehari setelah Aceh, kini giliran Sumatera Utara (Sumut) yang menggelar Launching Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 wilayah Sumut pada Hari Minggu tanggal 29 Januari 2023 di Lapangan Astaka Pancing.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Prof.Dr.Zainudin Amali, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, Gubernur Sumut Letjen TNI Purn Edy Rahmayadi dan tokoh lainnya turut hadir pada Launching PON XXI/2024 di wilayah Sumut.

Ketum KONI Pusat yakin bahwa Sumut akan menjadi tuan rumah yang baik bagi seluruh kontingen yang akan datang bertanding. “Sumut rumahnya kita semua, rumahnya Bangsa Indonesia,” katanya.

Sumut sendiri merupakan provinsi yang heterogen sehingga dipercaya mampu menyambut kontingen dari seluruh provinsi. Di sisi lain, Sumut sudah pernah menyelenggarakan PON III.

“PON pertama di Medan digelar Tahun 1953, dan Tahun 2024 akan kembali dilaksanakan di Sumut. Jadi ini PON yang kedua di Sumut, tetapi PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi,” ujarnya.

“KONI Pusat memberikan dukungan sepenuhnya kepada Gubernur selaku Ketua Panitia Besar (PB.) PON XXI/2024 wilayah Sumut serta seluruh jajaran dan memberikan dukungan kepada KONI Sumut untuk mempersiapkan kontingen sebaik-baiknya sehingga peringkat Sumut pada PON XXI/2024 akan lebih baik dari sebelumnya,” sambungnya.

Harapannya PON yang akan datang dapat menjadikan olahraga sebagai perekat Bangsa Indonesia. Semangat persatuan dan kesatuan Indonesia harus semakin erat.

Sebelum secara resmi melakukan Launching, Menpora Zainudin Amali tegaskan PON XXI/2024 sebagai perhelatan olahraga akbar nasional yang istimewa. “Ini merupakan pengalaman pertama melaksanakan di dua tempat,” jelas Menpora dalam sambutannya.

“Untuk selanjutnya kita akan menggelar di dua provinsi, supaya memberikan kesempatan provinsi-provinsi untuk menjadi tuan rumah. Apalagi provinsi kita sudah 38. Kalau tidak sekarang, mungkin 100 tahun lagi,” lanjut Zainudin Amali.

Sebagai PON pertama di dua provinsi secara bersamaan, Menpora ingatkan agar mempersiapkan dengan baik. Namun melihat situasi di lokasi Launching yang mana dipadati 250 ribu masyarakat setempat, Menpora optimistis.

“Tekad dan semangat Bapak Gubernur dan masyarakat untuk menjadi yang terbaik, saya meyakini dan percaya itu,” tandas Menpora. Diyakini PON XXI/2024 di wilayah Sumut akan sukses secara penyelenggaraan, prestasi, administrasi dan ekonomi.

Edy Rahmayadi dalam sambutannya dengan semangat mengajak masyarakat Sumut untuk turut sukseskan PON XXI/2024 wilayah Sumut. “Provinsi Sumut bukan provinsi yang terbaik tapi kami Provinsi Sumut selalu berbuat yang terbaik. Rakyat-rakyatku warga Sumut, mari kita jadi tuan rumah yang baik!,” sebutnya.

“Terus berbuat yang terbaik!,” tambahnya.

Adapun Launching memperkenalkan logo PON XXI/2024, maskot PON XXI/2024 wilayah Sumut bernama Matra, kependekan dari Harimau Sumatera. Matra menggunakan Tanjak Melayu, Ulos dan Gorga. Kemudian yang di Launching, tagline “Bersatu Kita Juara”.

Video Launching PON 2024 di Sumut

(Fjr)

Sumber:  https://gerakita.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini