Tinjau Venue Sumut, Peserta CdM Meeting II PON XXI Antusias

0
23
KONIKEPRI.ID – Seluruh ketua kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 mengapresiasi kesiapan Sumut pasca mendengarkan paparan Panitia Besar (PB.) PON XXI wilayah Sumut dan meninjau venue pada tanggal 25 Juni 2024.
Rombongan yang dipimpin Kadispora Baharuddin Siagian dan Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah (Panwasrah) PON XXI wilayah Sumut Mayjen TNI Purn. Heru Suryono, S.IP. M.Kes., AIFO mengawali tinjauan ke Sumut Sport Center di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang.
Di sana, rombongan menyaksikan pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara, tempat Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin menutup PON XXI tanggal 20 September 2024.
Menurut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan stadion senilai Rp 587 milyar itu dilakukan sejak September 2023 dengan progres sekitar 52,16%. Pelaksana konstruksi adalah KSO PT. Adhi Karya, PT.PP, PT.Penta selaku kontraktor pelaksana dan PT.Jaya CM dan PT.Ciriajasa KSO selaku manajemen konstruksi.
Foto: KONI Pusat
Area stadion ini sekitar 48.000 m² dengan luas bangunan 27.452 m² yang mampu menampung 25.750 penonton.
Rombongan melihat Stadion Utama Sumatera Utara dari Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center, yang megah dan siap digunakan. Dari situ, dapat dilihat juga venue voli indoor dan Martial Arts Arena.
Setelah itu, rombongan menuju Sumut Sport Centre yang berada di komplek Dispora Sumut. GOR Dispora yang menjadi kebanggaan Sumut. “Ini GOR terbesar di Kabupaten Deli Serdang, di sini biasa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang melibatkan belasan ribu orang,” kata Bahar menyinggung venue senam dan wushu.
Berikutnya, rombongan meninjau GOR Futsal, dilanjutkan melihat sirkuit olahraga bermotor, GOR basket, GOR Bowling dan Stadion Mini yang masih berada di kompleks yang sama.
“Di sana kita melihat venue yang sudah selesai kita bangun baru, maupun yang sedang dikerjakan saat ini,” kata Bahar.
Apresiasi disampaikan oleh Panwasrah PON XXI KONI Pusat. “KONI Pusat melihat kesiapan dari PB.PON XXI wilayah Sumut yang disampaikan dalam bentuk paparan sudah sesuai dengan target-target yang dicanangkan, dicapai sesuai waktu,” jelas Ketua Panwasrah PON XXI wilayah Sumut.
Heru tegaskan bahwa para peserta, Ketua Kontingen sangat antusias mengikuti rangkaian CdM Meeting II PON XXI wilayah Sumut.
“Kegiatannya (CdM Meeting II) dihadiri 38 provinsi, semuanya ini sangat antusias, tegas Heru.
“Itu dapat kita lihat, pertama dari semangatnya untuk mendengarkan presentasi dari pemapar, kemudian juga pada saat visitasi ini,” sambungnya.
“Bisa kita lihat begitu melihat secara riil di lapangan, venue-venue yang sedang dikerjakan ada yang sudah 100%, ada yang menjelang 80%, dan ada yang sedang dikebut,” sebutnya tepat 75 hari sebelum PON XXI resmi dibuka.f
“Kami yakin dari kontingen, lebih semangat lagi untuk mempersiapkan atlet-atletnya,” tutup Heru.
Sebelumnya, Chef de Mission (CdM) Meeting II Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara Tahun 2024 wilayah Sumatera Utara telah resmi dibuka oleh Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman tanggal 24 Juni 2024 di Hotel Santika Dyandra, Kota Medan.
Sebanyak 6.281 atlet, 3142 ofisial dan sekitar 5600 panitia pelaksana akan terlibat pada 34 pertandingan cabang olahraga, dengan 46 disiplin, 527 nomor pertandingan di 37 venue yang tersebut di 10 kabupaten/kota, antara lain:
  • Kota Binjai
  • Kota Medan
  • Kab. Langkat
  • Kab. Deli Serdang
  • Kab. Serdang Bedagai
  • Kota Pematang Siantar
  • Kab. Toba
  • Kab. Simalungun
  • Kab. Karo
  • Kab. Samosir
Fjr
Sumber: Gerakita.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini