Jumlah Atlet Indonesia Bertambah di Olimpiade Paris 2024, Peluang Rebut Medali Terbuka Lebar

0
24
Olimpiade Paris 2024
KONIKEPRI.ID – Jumlah Atlet Indonesia yang memastikan bertanding di Olimpiade Paris 2024 terus bertambah, baik yang sudah diumumkan secara resmi maupun melalui perhitungan matematis pada peringkat klasemen.
Terbaru, ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari meraih tiket Olimpiade Paris 2024 karena secara matematis aman berada di dalam 16 besar klasemen kualifikasi (Race to Paris).
Hal tersebut dipastikan usai pesaingnya gagal melangkah pada Badminton Asia Championship (BAC) 2024 pada 11 April 2024 di Ningbo Olympic Center Gymnasium di Cina. Kedua pesaingnya adalah wakil Singapura, Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han Jessica dan rekan dari Indonesia, Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.
Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting amankan tiket Olimpiade Paris 2024. Foto: PBSI
Membahas poin, sebelumnya Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting secara matematis telah amankan tiket Olimpiade Paris 2024 karena berada di dalam 16 besar klasemen kualifikasi. Jojo berada di peringkat ke-4 dengan 81.531 poin, sedangkan Ginting ke-6 dengan 79.151 poin. Adapun peringkat pertama adalah Victor Axelsen dengan 98.715 poin.
Gregoria Mariska Tunjung juga berpotensi besar mewakili Indonesia pada nomor tunggal putri karena ia berada di peringkat ke-8 dengan 72.091 poin. Kini, poinnya juga berpotensi meningkat karena Gregoria berhasil masuk perempat final BAC 2024 pasca menang dari Pai Yu Po asal Taiwan dua set langsung tanggal 11 April 2024.
Peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, Apriyani Rahayu bersama pasangannya pada nomor ganda putri, Siti Fadia Silva Ramadhanti, berada di peringkat ke-7 klasemen kualifikasi dengan 73.293 poin.
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/M.Rian Ardianto siap melakukan debut di Olimpiade Paris 2024. Keduanya juga berada di peringkat ke-7 klasemen dengan 80.149 poin.
Satu tambahan wakil Indonesia hadir dari cabang olahraga Angkat Besi, menyusul Eko Yuli dan Rizki Juniansyah. Kabar tersebut disampaikan pada akun Instagram Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).
Atlet angkat besi putri asal Aceh kelas +81kg, Nurul Akmal mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 usai mendapatkan relokasi kuota atlet. Kuota dari 5 benua terpenuhi pada 10 besar klasemen Olimpiade Paris 2024, namun ada perubahan alokasi kuota. Alhasil Nurul yang berada di luar 10 besar tersebut, mendapatkan dampak positif.
Atlet angkat besi putri asal Aceh kelas +81kg, Nurul Akmal mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024/Foto: Istimewa
Meski begitu, IWF mengumumkan secara resmi para atlet peserta Olimpiade Paris 2024 pada 8 Mei mendatang.
Tak ketinggalan, Indonesia juga mendapatkan wildcard cabang olahraga atletik, yang saat ini diwakili Lalu M.Zohri dan Odekta Naibaho.
“Kepada seluruh atlet serta pelatih Indonesia yang telah bekerja dan berjuang dengan keras demi tiket Olimpiade Paris 2024, saya mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya. Masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat olahraga prestasi memberikan dukungan kepada para kontingen Indonesia yang merupakan Patriot Olahraga kebanggaan bangsa dan negara. Tentunya kami berharap dan juga yakin, penampilan atlet-atlet Indonesia mampu memberikan kejutan prestasi,” kata Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.
“Terima kasih atas kerja keras induk cabang olahraga yang mampu mengantar para atlet meraih prestasi. Saya berharap, pembinaan akan semakin baik ke depan, khususnya dalam mempersiapkan para atlet yang mewakili Indonesia pada Olimpiade Paris 2024,” sambungnya. Adapun semua yang perlu disiapkan sama pentingnya, seperti fisik, teknik, dan juga mental.
“Di sisi lain, kita juga harus terus mempersiapkan atlet-atlet elite pelapis atlet-atlet kebanggaan kita saat ini. Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh-Sumatera Utara akan menjadi ajang dimana Indonesia mendapatkan atlet-atlet terbaik yang telah melewati jenjang pembinaan yang panjang, mulai dari klub, kabupaten/kota, hingga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov),” sambung Marciano.
Berikut atlet-atlet kebanggaan Indonesia yang akan berlaga pada Olimpiade Paris 2024, di luar wildcard;
  1. Arif Dwi Pangestu (Panahan),
  2. Diananda Choirunisa (Panahan),
  3. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing),
  4. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing),
  5. Fathur Gustafian (Menembak),
  6. Rifda Irfanaluthfi (Senam),
  7. Rio Waida (Selancar Ombak),
  8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi),
  9. Rizki Juniansyah (Angkat Besi),
  10. Nurul Akmal (Angkat Besi),
  11. Rinov/Pitha (Bulu tangkis),
  12. Jonatan Christie (Bulu tangkis),
  13. Anthony Sinisuka Ginting (Bulu tangkis),
  14. Gregoria Mariska Tunjung (Bulu tangkis),
  15. Apriyani Rahayu/Fadia (Bulu tangkis),
  16. Fajar Alfian/M.Rian Ardianto (Bulu tangkis)
Fjr
Sumber : KONI.OR.ID

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini