Beranda KONI Kepri 1.697 Pesilat Kepri Ramaikan Kejuaraan Pencak Silat Wasit Juri Kepri Championship ke- 3

1.697 Pesilat Kepri Ramaikan Kejuaraan Pencak Silat Wasit Juri Kepri Championship ke- 3

0
1.697 Pesilat Kepri Ramaikan Kejuaraan Pencak Silat Wasit Juri Kepri Championship ke- 3

KONIKEPRI.ID – Sebanyak 1.697 orang mengikuti pembukaan kejuaraan pencak silat Wasit Juri Kepri Championship (WJKC ) ke- 3 tahun 2024,   WJKC 3 tahun 2024 ini diikuti peserta yang berjumalah  89 tim dari sekolah dan umum seluruh Kepri .

Mereka berasal  dari Kabupaten Lingga, Kabupaten Karimun, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Bintan dan Kota Batam.  IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia ) Kepri menyelenggara  pembukanan  WJKC pada Jum’at (5/1/24) di Mall botania Batam Center.

Kejuaran pencak silat 2024 tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepri Ansar Ahmad melaui Kepala Dinas pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kepri Muhammad Ikhsan .

Dalam pembukaan hadir dalam kegiatan tersebut, Kadispora Provinsi Kepri, Muhammad Ikhsan, Ketua KONI Kepri Usep RS,  Ketua IPSI Kepri yang juga Anggota DPRD Prov Kepri , Sugianto , Ketua Lembaga IPSI Kepri Khaidir  dan seluruh tamu undangan.

Ketua KONI Kepri Usep RS mengapresiasi kejuaraan WJKC . Even ini adalah wadah untuk mencari bibit pesilat yan bisa membawa nama baik baik kabupaten kota, provinsi bahkan nasional . “Kita mengirim dua  dua atlet yang lolos PON XXII Aceh Sumut kategori tanding dan tunggal,” kata Usep RS.

Usep RS berharap dari ajang WJKC ini akan bermunculan para pesilat pesilat tangguh yang kedepannya bisa menjadi bakal bibit muda yang bisa mewakili Kepri di ajang Nasioanal (PON) dan internasional.

Ketua Lembaga IPSI Kepri, Khaidir  menjelaskan, setiap tahun kegiatan ini diadakan di kota Batam dikarenakan venue nya memadai/memenuhi syarat. “Perguruan silat lebih banyak di batam,jika di selenggara di tempat lain peserta nya sedikit dan biayanya sangat besar untuk perorangan,” jelas Khaidir.

Dijelaskan pula, adapun kategori yang di pertandingkan adalah , usia dini satu, usia dini dua,pra remaja, remaja dan dewasa. adapun kategori untuk tanding adalah, tunggal dan solo kreatif .

Ketua IPSI Provinsi Kepri, Sugianto menyampaikan rata-rata yang mengikuti pertandingan ini adalah pemula yang belum pernah menjuari di  wilayah maupun di luar daerah .

Sugiyanto mengatakan di kejuaraan nasional (babak kualifikasi pra PON) di Solo   sudah mengantarkan atlet lolos mengikuti PON XXII  Sumut dan Aceh tahun 2024 ini,

“Dari  kejuaraan tersebut, PB IPSI melihat potensi salah satu atlet Kepri, sehingga dipanggil untuk mengikuti kejuaraan Internasioanl yaitu Asia Pencak Silat Championsip di Dubai (Uniemirat Arab). Alhamdulilah Atlet tersebut mendapat juara kedua dari kelas laga D, semoga di PON ini bisa menyumbangkan Emas untuk Prov Kepri,” ujar  ujar Sugianto .

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini, mudah-mudahn Pencak silat asli budaya indonesiani akan terus tumbuh dan berkembang terutama di Kepri,” pungkas Sugianto.

Galeri Pembukaan WJKC 2024

          

Editor : Fajri Ramadhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini