Beranda Berita Rakerprov Sekaligus Pelantikan Ikatan Pencak Silat Indonesia Kepri Periode 2022-2026

Rakerprov Sekaligus Pelantikan Ikatan Pencak Silat Indonesia Kepri Periode 2022-2026

0
Rakerprov Sekaligus Pelantikan Ikatan Pencak Silat Indonesia Kepri Periode 2022-2026
Ketua Umum KONI Kepri Usep RS bersama Wakil Ketua IPSI Sugiono dan Wasekjen Arko Musrjoko/F-Koni Kepri

KONIKEPRI.ID – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, selaku Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) yang diwakili oleh Wakil Ketua IPSI Sugiono dan Wasekjen Arko Murjoko, melantik Pengurus IPSI Provinsi Kepulauan Riau untuk Masa Bakti 2022-2026, Minggu (18/2) di Gedung Asrama Haji Batam.

Pelantikan dihadiri oleh Dewan pembina Dr. Soerya Respationo, SH,MH, Mewakili Gubernur,  kabid Olahraga Emil, anggota DPRD Kepri, Widiastadi Nugroho, Asmin Patros, Ketua KONI Kepri Usep RS, Kombes M Faisal Aris Dansat Brimob Polda Kepri, Hari Sutiono Mewakili Kajari Kepri, Nuryanto Ketua DPRD Batam dan Wakil Ketua Ahmad Surya, serta sejumlah pejabat Muspida Provinsi Kepri, Pengcab IPSI se Kepri dan tokoh olahraga Kepri.

Setalah pelantikan dan janji pengurus, Wahono Wakil Ketua Umum PB IPSI menegaskan bahwa Pencak Silat adalah milik seluruh rakyat yang membawa misi nenek moyang bangsa Indonesia untuk menghasilkan generasi penerus yang tangguh, ulet, tahan banting, berani, jujur dan adil.

“Kita harus menjadi bangsa yang pendekar, bangsa yang tidak mengenal menyerah, bangsa yang menegakan kebenaran, keadilan dan kejujuran,” ujar Wahono.

Waketum menambahkan bahwa sebagai pengurus IPSI Kepri yang baru dilantik adalah sebuah kehormatan untuk dapat memberikan pengabdian dan berbakti, membina, dan melestarikan pencak silat di Kepri

“Sungguh suatu kehormatan bagi setiap insan suatu bangsa. Karena manusia harus hidup dalam suatu kerangka, suatu konteks yang memberi arti dalam kehidupannya olahraga beladiri pencak silat sudah alhamdulillah sudah di menyebar dan sekarang sudah ada di 89 negara, berharap olimpiade yang akan datang penca silat dapat di pertandingkan,” ujar Wahono.

Ketua KONI Kepri Usep RS mengucapkan selamat atas pelantikan Pengurus IPSI Pronvisi Kepri masa bakti 2022-2026.  KONI Kepri berharap ketua umum dan jajaran pengurus IPSI Kepri kompak untuk meraih prestasi.

Ketua KONI Kepri Usep RS saat berikan sambutan pada Pelantikan pengurus IPSI Provinsi Kepri masa bakti 2022-2026/F-Koni Kepri

“Karena tahun 2023 adalah ajang seleksi/pra PON, yang akan dilaksanakan di Solo, dalam ajang tersebut IPSI Kepri bisa meraih tiket untuk lolos PON Aceh-Sumut 2024, di semua nomor pertandingan sehingga peluang mendapatkan medali terbuka,” ujar Usep RS.

Usep menyinggung soal persiapan pra PON 2023 untuk semua Pengprov/cabor yang akan dilaksanakan dari April sampai September 2023, pengurus bidang Bimpres sudah selsai merumuskannya mekanisme dan seleksi setial cabor.

Foto bersama dengan para pengurus IPSI Kepri 2022-2026/F-Koni Kepri

Dengan anggaran KONI Kepri yang sangat minim yaitu, 3,8 miliar, sedangkan cabang olahraga anggota KONI Kepri 58 cabang olahraga, sedangkan tahun 2023 adalah pelaksanaan pra PON/seleksi PON di luar daerah.

“Ini berat tetapi kami tetapi akan melaksanakanya, karena menjadi keharusan dari PB PON 2024 setia peovinsi untuk mengikutinya, berharap ketua dan pengurus dari Pengprov/cabor dapat memahaminya, ” tukas Usep RS.

Dia juga berharap  semoga  Gubernur Kepri dapat mencari jalan keluar untuk persiapan pra PON/seleksi PON demi untuk kemajuan dan prestasi olahraga di Kepri.

Dr. Soerya Respationo Ketua Dewan Pembina IPSI Kepri menyampaikan, bahwa Pencak Silat adalah budaya bela diri warisan nenek moyang dan alat perjuangan jaman penjajahan dan seni bela diri saat ini sudah berkembang.

Menurut Soerya Respationo yang juga Ketua PDIP Kepri dan Ki Lurah Punggowo, pemerintah Jokowi sangat memperhatikan olahraga asli indonesia.

“Bahkan bahkan Ketua Umum PB IPSI Prabowo memberikan perhatian dalam pembinaan dan pelestarian pencak silat di Nusantara dan berjuang untuk masuk dan dipertandingkan di Olimpiade dan ini menjadi kebanggan semua,” ujar Soerya Respationo.

Dia berharap anggota dewan dari PDIP kepri dan kabupaten/kota untuk dapat berkontribusi dan memperjuangkan untuk KONI Kepri dalam pembinaan olahraga berprestasi

Ketua Umum IPSI Kepri Sugianto, SH, mengucapkan terima kasih kepada PB IPSI atas pelantikan yang telah dilaksanakan, dan bertekad dalam pra PON akan memberangkatkan atletnya setelah melakukan seleksi.

“Kami bertekad lolos PON sebanyak-banyaknya dan akan membersembahkan medali untuk Kepri di ajang PIN XXI Aceh-Sumut 2024, kami yakin dan karena dalam waktu dekat akan bertemu gubernur untuk memberikan perhatian kepada pencak silat dengan memasukan salah satu diimplementasikan dalam sebuah kurikulum pelajaran olahraga di tingkat SD, SMP dan SMA,” ujar Sugianto.

Dia melanjutkan, sehingganya pencak silat di Kepri maju dan berprestasi dan mudah-mudahan pencak silat bangkit sebagai strategi meningkatkan kualitas SDM watak anak-anak Kepri yang tangguh,” ujar Sugianto. (Fjr)
Editor: Fjr

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini