Sekolah Penggerak Wujudkan Pelajar Pancasila untuk Indonesia Hebat

KONIKEPRI.ID – Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan Kokurikuler (kegiatan diluar jam pelajaran sekolah yang dilakukan untuk menambah pengetahuan siswa dan menguatkan materi pelajaran yang diberikan di kelas) berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar. Semuanya dimulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Untuk PAUD Kota Batam sendiri sudah memiliki 12 Sekolah Penggerak (Angkatan I sebanyak 2 sekolah dan angkatan II Sebanyak 10 Sekolah) yang semuanya langsung di SK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset Teknologi dan Dikti melalui Direktorat PAUD.

Baru baru ini, sekolah Penggerak, TK Az-Zahra Islamic School, Kecamatan Sagulung mengadakan Open House dan Perayaan P5, serta Kunjungan Bunda PAUD ke TK. Pelaksanaan yang diselenggarakan di Lt 1 Top 100 Tembesi, sedianya akan dihadiri oleh Bunda PAUD Kota Batam, Hj. Marlin Agustina Rudi, namun karena sesuatu dan lain hal, beliau berhalangan hadir dan diwakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan.

Pada sambutannnya Kadis Pendidikan Hendri Arulan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh TK Az-Zahra patut ditiru dan diteladani oleh Satuan PAUD lainnya, dengan terpilihnya menjadi Sekolah Penggerak tentunya menambah nilai Kualitas bagi Satuan PAUD karena aspek dan nilai yang ada pada Sekolah Penggerak antara lain: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, jika semuanya itu disampaikan, diajarkan dan tertanam dalam diri setiap anak PAUD, Maka kita harapkan 2045 nanti bersamaan dengan 100 Tahun HUT RI, mereka yang sekarang ada di PAUD akan menjadi generasi emas, pemegang tongkat Estafet kepemimpinan di Negeri ini, sehingga Indonesia Maju, yang dicanangkan dan digalakkan serta di impikan dapat benar-benar terwujud.amin

Pada acara tersebut juga, anak-anak TK Az-Zahra Menampilkan drumband, Sholawat, tarian dan tidak ketinggalan tarian Profil Pancasila oleh Tenaga Pendidik, dibawah Komando Supenny kepala TK Az-Zahra serta bazar serta pameran hasil karya Anak dan orang tua, yang semua hasilnya yang bagus dan keren.

Semoga ke depannya dengan Adanya Sekolah Penggerak, Kualitas PAUD di Kota Batam semakin baik, dan hal ini dapat menjadi acuan bagi orang tua untuk memilih Satuan Pendidikan dimana anaknya akan menimba Ilmu dan dididik, Sekolah Penggerak tidak hanya di jenjang PAUD, tapi juga SD, SMP dan SMA, dan di kota Batam banyak yang sudah terpilih menjadi pelaksananya. Sekolah Penggerak, Terus Bergerak dan Menggerakkan, Maju dan Jayalah Pendidikan di Kota Batam.(RB/fjr)

Berita Lainnya
Berita Lainnya

8 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah acara telah berjalan lancar karna Ridho Allah SWT… Semoga anak2 di usia dini ini menjadi anak2 yg mempunyai akhlak yg baik berbakti pd kedua org tua agama dan bangsa .. Serta utk dewan guru nya selalu di berikan kesehatan kesuksesan kebahagiaan serta keberlimpahan oleh Allah SWT… Maju terus TK Azzahra Islamic School… Tetap semangat… TK Azzahra Luar Biasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini