Lifter Eko Yuli Irawan, Berhasil Amankan Tiket Olimpiade Paris 2024

0
21
Atlet angkat besi Indonesia Eko Yuli Irawan berhasil mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024. Foto: Istimewa
KONIKEPRI.ID – Prestasi membanggakan dipersembahkan oleh atlet angkat besi Indonesia Eko Yuli Irawan yang berhasil mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024, yang mana akan menjadi olimpiade kelimanya. Eko meraih tiket olimpiade karena masuk ranking 10 besar RTO (Road to the Olympic), pasca dirinya merebut medali perak snatch di nomor 61 kg putra Piala Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand, Selasa 2 April 2024.
Pengumuman resmi dari IWF terkait tiket Olimpiade Paris 2024 akan disampaikan pada 8 Mei mendatang. Besar harapan dan kemungkinan, bahwa hasilnya sama dengan saat ini, yaitu Eko melangkah menuju olimpiade kelimanya.
Sebelumnya, di empat Olimpiade sebelumnya, Eko berhasil mengoleksi empat medali untuk Indonesia. Dua medali perunggu diraih pada Olimpiade 2008 Beijing (kelas 56 kg) dan Olimpiade 2012 di London (kelas 62 kg). Sementara medali perak ia raih pada Olimpiade 2016 di Rio (kelas 62 kg) dan Olimpiade 2020 di Tokyo (61 kg).
Harapannya, Eko dapat memberikan kejutan pada Olimpiade kelimanya di Paris. “Selamat kepada Eko Yuli Irawan yang berhasil meraih tiket Olimpiade Paris 2024 berkat prestasinya di Piala Dunia Angkat Besi. Ini sangat luar biasa, 5 kali mewakili Indonesia pada ajang olimpiade sejak tahun 2008 sampai 2024. Semoga pada olimpiade kali ini, Eko Yuli mampu meraih puncak prestasi,” ujar Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.
KONI Pusat berharap jumlah atlet yang lolos olimpiade bertambah, baik pada angkat besi maupun cabang olahraga lainnya. Hal tersebut menjadi salah satu indikator keberhasilan pembinaan dari induk cabang olahraga.
Beberapa cabang olahraga diproyeksikan akan menyusul mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024. Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) proyeksikan tambahan atletnya yang akan menyusul mendapatkan tiket olimpiade pada kejuaraan kualifikasi di Cina dan Amerika Serikat. Tambahan atlet diharapkan, dua atlet nomor speed dan dua dari nomor combine.
Ketum Pengurus Besar Akuatik Indonesia (PBAI) yang juga CdM Olimpiade Paris Anindya Bakrie sebut akan mendapatkan dua jatah wildcard.
Dari cabang olahraga atletik, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) menyebutkan bahwa Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Elvina Naibaho tengah berjuang untuk lolos babak kualifikasi. Adapun dua wildcard yang diraih diberikan untuk negara yang tidak lolos kualifikasi. Dengan kata lain, wildcard tersebut dapat dijadikan cadangan.
Adapun saat ini terhitung sudah 8 atlet yang berhasil meraih tiket Olimpiade di luar wildcard, diantaranya:
  1. Arif Dwi Pangestu (Panahan),
  2. Diananda Choirunisa (Panahan),
  3. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing),
  4. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing),
  5. Fathur Gustafian (Menembak),
  6. Rifda Irfanaluthfi (Senam),
  7. Rio Waida (Selancar Ombak),
  8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)
(Fjr)
Sumber: Gerakita.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini