Beranda Berita Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy Resmi Menjadi Plt.Menpora Menggantikan Prof.Dr.Zainudin Amali

Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy Resmi Menjadi Plt.Menpora Menggantikan Prof.Dr.Zainudin Amali

0
Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy Resmi Menjadi Plt.Menpora Menggantikan Prof.Dr.Zainudin Amali
(Menko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M. AP. resmi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menpora/Foto: Ist

KONIKEPRI.ID – Serah Terima Jabatan (Sertijab) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI digelar pada kamis 16 Maret 2023 di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta. Kegiatan tersebut dihadiri organisasi pemangku kebijakan olahraga dan kepemudaan.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M. AP. resmi menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menpora menggantikan Prof.Dr.Zainudin Amali sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 18/P Tahun 2023 tanggal 13 Maret 2023.

Sesmenpora RI, Gunawan Suswantoro mewakili jajarannya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas kerja keras Zainudin Amali sebagai Menpora masa bakti 2019-2023. “Banyak yang yang dapat kami rasakan terutama ketauladanan sikap yang menginspirasi,” katanya. Salah satu prestasinya adalah tiga tahun berturut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Prof.Dr.Zainudin Amali sampaikan bahwa tata kelola organisasi menjadi hal penting. Saat awal menjabat sebagai Menpora RI, ia melihat kondisi Kemenpora yang perlu dibenahi. Perbaikan tata kelola menjadi amanat Presiden Joko Widodo kepadanya.

“Satu yang Bapak harus lakukan, perbaiki tata kelola Kemenpora. Kalau tata kelolanya baik, pemudanya baik, olahraganya akan baik,” jelas Zainudin Amali menceritakan amanat Presiden Joko Widodo saat kepadanya di awal menjabat.

Ia targetkan tata kelola yang semakin baik pada setiap deputi. Dengan sumber daya yang ada, Kemenpora meraih 3 kali WTP.

“Alhamdulillah tiga tahun berturut-turut kita WTP. Insya Allah untuk tahun ke empat ini, kita WTP lagi,” ujarnya. Ia ceritakan juga tentang efisiensi keuangan negara. Hasilnya SEA Games Vietnam, Indonesia menempati peringkat ke tiga, lebih baik dibanding SEA Games sebelumnya di Filipina namun dengan kontingen lebih sedikit.

Muhadjir Effendy mengapresiasi kinerja Zainudin Amali yang tengah berulang tahun. Menurutnya, sesungguhnya orang yang baik itu, akan meninggalkan sesuatu yang bermakna di tempat ia berada. “Prof.Dr.Zainudin Amali sudah melakukan itu di Kemenpora, semua akan merasakan apa yang ditorehkan Prof.Dr.Zainudin Amali di Kemenpora,” jelas Menko PMK.

“Kita harus memberikan impian-impian besar kepada anak muda. Kalau anak-anak muda ini lebih baik dari kita semua, artinya kita berhasil,” pesannya di ujung sambutan.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman yang hadir secara langsung mengucapkan terima kasih. “Selaku Ketua Umum KONI Pusat dan mewakili masyarakat olahraga prestasi, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bapak Prof.Dr.Zainudin Amali yang telah bekerja keras sebagai Menpora RI masa bakti 2019-2023,” kata Ketum KONI Pusat.

“Apa yang telah dilakukan Bapak di Kemenpora, memotivasi kami untuk bekerja lebih dalam meningkatkan prestasi olahraga Indonesia,” katanya. “Saya doakan Bapak sukses di PSSI dan sukses mengantar sepak bola Indonesia memenuhi harapan masyarakat pencinta sepak bola Indonesia,” tambahnya.

Kepada Bapak Muhadjir Effendi, Plt Menpora dan juga Menko PMK, saya mengucapkan selamat bertugas. Besar harapan saya selaku Ketua Umum KONI Pusat Bapak memberdayakan KONI secara maksimal sehingga kualitas pembinaan olahraga Indonesia semakin maju dan KONI dapat menjabarkan kebijakan pemerintah yang dikeluarkan Kemenpora sebaik-baiknya,” tambahnya. (*)/Fjr

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini